Naismith's Rule

Naismith's Rule adalah metode atau aturan terbaik yang membantu dalam perencanaan perjalanan atau hiking. Cara Naismith's merupakan cara classic yang banyak digunakan sebagai pedoman dalam memperkirakan waktu tempuh perjalanan. Pencetus aturan ini adalah seorang Mountaineer asal Scotlandia yaitu William W. Naismith pada tahun 1892, oleh karena itu aturan ini diberi nama Naismith's Rule.
Menurut aturan Naismith's orang dapat berjalan dengan kecepatan rata-rata adalah 5 km/jam pada medan horizontal  dan ditambah 0.5 jam pada setiap kenaikan 300m. Namun tidak berlaku pada medan horizontal yang bersemak atau banyak perdu. Untuk Kecepatan turun digunakan aturan; setiap penurunan 300m dengan waktu tempuh 5km/jam ditambah dengan 10 menit. Setiap waktu tempuh akan bervariasi disebabkan oleh faktor medan, Keadaan fisik, berat beban, cuaca dll. Berikut adalah tabel Naismith's

Contoh :
 Jika perjalanan direncanakan sejauh 20 Km dengan pertambahan kenaikan vertikal 600m, maka waktu tempuhnya adalah sebagai berikut :

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Naismith%27s_Rule, WANADRI


.::Relasi Artikel



2 comments:

Unknown said...

Wah....ternyata ada toh cara kayak gini ya!

MaHaMeRu said...

--Lina--
Ya cara ini sudah lama dipakai oleh para penggiat alam bebas, kini semakin akurat berkat perkembangan TI dengan adanya GPS.

Post a Comment